Budaya Politik

Budaya Politik (Political culture) secara umum di definisikan sebagai suatu perangkat norma yang membentuk sikap tingkah laku dan kepercayaan atau nilai-nilai politik yang ada dalam suatu masyarakat. Budaya politk memiliki arti memprediksi dan membentuk proses politik. Tanpa adanya budaya politk individu-individu dalam masyarkat tidak mengetahui bagaimana menempatkan diri dalam sistem sosial maupun sistem politik yang berlaku.

Contoh budaya politik yang sering kita lihat saat ini adalah tingkah laku seseorang yang ingin menjadi pejabat negara. Orang yang ingin menjadi pejabat negara, entah itu bupati, DPR, DPD, selalu memiliki tingkah laku yang sama dengan orang-orang yang dulu belum menjadi pejabat kemudian sekarang menjadi pejabat.

Jika kita teliti lagi seorang yang ingin menjadi pejabat negara selalu mengikuti apa yang telah menjadi budaya seorang yang ingin terpilih menjadi pejabat negara, contohnya adalah menggunakan jasa tim sukses. Jika kita berada di jawa kita selalu melihat calon-calon pejabat memiliki tim sukses sendiri-sendiri, kalau tidak seperti itu ( mengikuti budaya politik yang berlaku) maka seorang tersebut akan sulit untuk memenangkan pemilihan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: