Ilmu Politik

Jika kita mendengaar kata politik biasanya yang ada di benak kita adalah hal-hal yang negatif. Hal ini sudah biasa jika istilah politik dihubungkan dengan hal yang negatif. Tetapi sebenarnya Politik tidaklah sekedar hanya hal-hal negatif, seperti korupsi dan sebagainya. Tanpa politik maka negara tidak akan ada, dan jika negara tidak ada maka akan tejadi kesemrawutan dalam kehidupan ini. dan yang lebih gawatnya lagi akan terjadi hukum alam.

Politik berasal dari kata polis yang artinya Kota atau negara kota. Ilmu politik adalah sistem atau variabel yang terorganisasi yang salling berinteraksi seperti sistem informasi yang saling berumpan balik. Ilmu politik telah ada sejak orang mulai yakin dapat membentuk pemerintahan sendiri sesuai dengan asas yang dipahami akal.

Ada dua tradisi Perkembangan ilmu politik yaitu tradisi Eropa dan Amerika.

Tradisi Eropa: Ilmu Politik mulai hadir pada abad 18 dan 19 khususnya di Austria, Jerman, dan Perancis. Fokus kajiannya mengenai negara. Di inggris bahasan masuk pada filsafat.

Tradisi Amerika: Ilmu Politik sangat di pengaruhi oleh ilmu Hukum. Orang Amnerika beranggapan bahwa ilmu Politik tercipta dari ilmu Hukum dan bentuk perasaan umum.

Ilmu Politik memiliki hubungan dengan ilmu-ilmu yang lain, di antaranya Filsafat, Sejarah, Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, dan Hukum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: