Kebudayaan

Kata kebudayaan berasal dari kata sansekerta “buddhayah” yaitu bentuk jamak dari “buddhi” yang berarti budi atau akal. Kebudayaan merupakan keseluruhan sistem gagasan tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan cara belajar.

Hal tersebut  berarti bahwa hampir seluruh tindakan manusia adalah Kebudayaan karena hanya amat sedikit tindakan manusia dalam kehidupan masyarakat yang tidak perlu dibiasakan dengan belajar, yaitu hanya beberapa tindakan naluri, beberapa refleks, beberapa tindakan akibat proses fisiologi, atau kelakuan apabila seseorang tersebut sedang membabi buta.

Kebudayaan bersiafat superorganik hal ini karena manusia yang tunduk pada kebudayaan tersebut, meskipun yang membuat kebudayaan adalah manusia. Ini terjadi karena kebudayaan terikat oleh generasi manusia, artinya meskipun manusia berganti-ganti generasi tetapi pergantian itu tidak mempengaruhi kebudayaan.

Kebudayaan memiliki tujuh unsure universal yaitu:

1.       Sistem religi dan upacara keagamaan

2.       Sistem dan organisasi sosial

3.       Sistem pengetahuan

4.       Bahasa

5.       Kesenian

6.       Sistem matapencaharian hidup

7.       Sistem tekhnologi dan peralatan

Dari ke tujuh unsur tersebut, unsur yang nomer 1 adalah unsur yang paling sulit untuk berubah dan unsur yang nomer 7 adalah unsur yang paling mudah berubah. Jadi jike melihhat urutan di atas, semakin ke atas semakin sulit berubah dan sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: